Macam-Macam Rok & Namanya Sista-Sista yang Harus Diketahui!

macam-macam rok

Pernah gak sih terpikirkan oleh kalian sista-sista bahwa macam-macam rok itu sangan banyak sekali? Trend di Indonesia saja jenis rok sudah sangat banyak, apalagi jenis-jenis rok yang ada di Dunia? Pastinya setiap daerah atau negara mempunyai ke khas-an dalam rok suatu wanita, atau mungkin juga sebenarnya jenis rok nya sama, namun nama nya saja yang berbeda. Untuk seorang desainer, pastinya sudah tidak asing lagi dong jika akan membuat rok, berbeda dengan orang awam yang pastinya mereka bingung untuk menentukan jenis nama rok ketika ditanya oleh desainer. Nah, oleh karena itu sebaiknya sista-sista mengetahui jenis dan macam rok di Indonesia bahkan di Dunia.

Jenis dan Macam-macam Rok Berdasarkan Panjangnya

  1. Peplum

Peplum merupakan rok pendek biasanya ukuran rok nya hanya berkisar hingga panggul saja. Biasanya rok peplum itu harus dikominasikan lagi dengan rok yang lebih panjang. Jadi, rok ini hanya berperan sebagai dalaman saja.

  1. Micro

Sesuai dengan namanya ‘micro’ anda harusnya sudah bisa membayangkan ukuran rok ini! Ya! Rok ini mempunyai ukuran yang sangat pendek, hanya cukup untuk menutupi pantat saja. Rok ini tidak banyak digunakan di Indonesia karena ukurannya yang sangat mini, namun sama seperti peplum rok ini juga kerap digunakan sebagai dalaman saja.

Baca juga : Jenis-Jenis Bahan Kain Dengan Pola Menjahit

  1. Mini

Seusai dengan namanya mini, rok ini disebut juga sebagai rok mini. Masih banyak sista-sista yang menggunakan rok ini, ukurannya hingga pertengahan paha. Rok ini biasanya dipadukan dengan stoking hitam.

  1. Knee

Knee merupakan rok yang mempunyai ukuran hingga ke lutut. Bagaimanapun modelnya, jika ukurannya hingga lutut, anda bisa menyebutkan rok ini dengan nama knee. Banyak digunakan untuk kondangan dan acara-acara formal lainnya.

  1. Midi

Dibawah knee, midi merupakan jenis rok yang panjangnya hingga pertengahan betis. Rok ini biasanya digunakan untuk pegawai bank, karena panjangnya yang tidak terlalu panjang atau pendek, memberikan kesan yang lebih sopan.

  1. Maxi

Merupakan jenis rok yang panjangnya diatas mata kaki, rok yang cocok untuk digunakan bagi anda yang memilih untuk hijabers. Rok-rok anak sekolahan juga kebanyakan diatas mata kaki.

  1. Ankle

Merupakan jenis rok yang panjangnya hingga ke mata kaki. Hampir mirip dengan maxi karena ukurannya hanya berbeda beberapa cm saja

  1. Floor

Ya! Sesuai dengan namanya ‘floor’ salah satu dari macam-macam rok yang panjangnya hingga ke lantai. Biasanya jenis rok ini digunakan untuk acara pernikahan, pastinya anda pernah melihat mempelai wanita yang menggunakan rok panjang hingga ke lantai bukan?

Baca juga : Padu Padan Celana Kulot Pas untuk Wanita Berjilbab

Macam-macam Rok Berdasarkan Modelnya

  1. Accordion Skirt

Accordion Skirt merupakan rok yang dibuat dengan bahan yang lembut dan pola-pola tertentu. Pola rok ini adalah ploi-ploi rata, tersedia dengan ukuran panjang dari lutut hingga mata kaki. Jenis rok ini tidak terlalu formal dan tidak terlalu casual juga sehingga lebih cocok digunakan untuk santai.

  1. A-Line Skirt

Merupakan jenis rok yang semakin bawah emakin melebar, sehingga menyerupai huruf A. Jenis rok ini terkadang menggunakan hiasan berupa kancing-kancing besar. Jenis rok ini disebut juga sebagai semi flared skirt karena bentuknya yang tidak terlalu lurus atau flat.

  1. Ballerina Skirt

Ballerina skirt merupakan rok yang biasanya digunakan untuk balet. Rok ini terdiri dari layer-layer dengan berbagai warna namun warnanya tidak terlalu berbeda jauh.

Nah, itulah beberapa macam-macam rok apabila dilihat dari model dan ukuran panjangnya. Sebenarnya, ada banyak jenis rok lainnya apabila disesuaikan dengan modelnya, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.