Macam-Macam Rok & Namanya Sista-Sista yang Harus Diketahui!

macam-macam rok

Macam-Macam Rok Wanita Paling Ngehits 2019 Ini Wajib Kamu Tahu Sist!

Macam-macam rok wanita – Pernah enggak sih terpikirkan oleh kalian sist, bahwa macam-macam rok itu sangat banyak sekali? Trend di Indonesia memiliki jenis rok yang sangat banyak. Apalagi jenis dan model rok yang digunakan oleh para selebriti dunia. Selain itu pun setiap daerah atau negara mempunyai ke khas-an rok wanita masing-masing, atau mungkin juga sebenarnya jenis rok nya sama, namun nama nya saja yang berbeda. Untuk seorang desainer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis dan model rok, karena setiap rok ini memiliki desain dan motif yang berbeda-beda. Namun berbeda dengan orang awam dimana tidak mengerti tentang model dan desain rok tersebut sehingga sering bingung untuk menentukan rok seperti apa yang ingin dibuat atau dipilihnya.

Ada baiknya sista mengetahui jenis dan macam-macam rok yang sedang ngehits di Indonesia atau di dunia untuk dijadikan sebagai contoh fashion untuk sehari-hari atau untuk acara tertentu. Saat ini pun selebriti Indonesia maupun dunia sedang gemar menggunakan rok, karena menjadi simbol dari feminisme wanita, sehingga sangat disayangkan sekali jika sista masih enggan untuk menggunakan rok saat ini. Jika sista bisa memilih model yang tepat, rok tersebut pasti bisa match dengan penampilan sista dan tidak akan menampilkan kesan jadul saat digunakan. Nah supaya tidak penasaran, simak macam-macam rok wanita paling ngehits yang wajib banget buat sista tahu berikut ini:

Macam-macam Rok Wanita Berdasarkan Panjangnya

Membicarakan tentang macam-macam rok wanita ini memang tidak ada matinya sist, karena saat ini menggunakan rok memang sedang ngetrend. Rok ini juga sangat match sekali jika dipadukan dengan hijab maupun atasan yang tepat. Sista bisa bereksperimen dengan memadukan rok dengan atasan yang tepat agar lebih klik dan fashionable. Bagi yang berhijab pun bisa memadukan rok dengan atasan dan hijab yang senada sehingga terlihat lebih anggun dan juga elegan.

Untuk jenis rok yang pertama dibedakan berdasarkan panjangnya. Jika sista mengamati  rok ini memiliki panjang yang beragam ada yang pendek, panjang, dan lain sebagainya. Simak macam-macam rok wanita berdasarkan panjangnya yang wajib banget buat kamu tahu sist:

  1. Peplum

Rok PeplumPeplum merupakan rok pendek dimana ukuran panjangnya hanya sampai ke bagian lutut saja. Ada juga rok peplum yang panjangnya 7 cm di atas lutut sehingga akan menampilkan kesan sexy bagi si pemakainya. Rok peplum saat ini sedang ngetrend sehingga saat sista melihat red carpet atau majalah fashion, pasti sudah familiar dengan rok satu ini. Yup peplum saat ini tidak hanya diaplikasikan pada gaun saja, namun dibuat dalam berbagai versi seperti rok, blazer, atasan, bahkan juga jaket. Peplum  juga merupakan jenis overskirt pendek atau ruffle yang mana melekat di bagian pinggang sehingga tubuh akan lebih membentuk. Bagi sista yang memiliki over weight pun disarankan untuk menggunakan rok ini karena menampilkan ilusi tubuh yang lebih ramping.

Untuk menampilkan kesan yang modis dan terlihat berkelas sista bisa memadukan rok ini dengan sepatu hitam dan juga skinny belt motif untuk menambahkan sentuhan warna tanpa membuatnya terlihat mencolok, sedangkan untuk sista yang memiliki over weight disarankan untuk memilih rok peplum yang warnanya netral dan kalem seperti hitam, abu-abu, dan hindari warna-warna yang mencolok. Sista juga harus memilih aksen peplum yang tidak terlalu mengembang agar tubuh juga tidak kelihatan terlalu besar.  Aksesoris yang bisa sista pakai adalah kalung maupun anting agar terlihat lebih feminin.

  1. Micro

Rok MicroSesuai dengan namanya ‘micro’, rok ini mempunyai ukuran yang sangat pendek, hanya cukup untuk menutupi pantat saja. Rok ini sebenarnya masih cukup modis untuk digunakan jika sista tahu bagaimana memadu-padankan dengan benar. Karena terlalu mini dan seksi rok ini hanya bisa digunakan sebagai luaran sehingga di dalamnya sista harus menggunakan legging yang match dengan rok tersebut. Rok ini juga bisa digunakan sebagai fashion yang mana membuat penampilan sista tidak terasa monoton. Untuk sista yang over weight rok ini tidak cocok digunakan karena akan membuat kaki terlihat semakin besar, dan hanya cocok digunakan bagi yang memiliki kaki ramping dan jenjang.

Baca juga : Jenis-Jenis Bahan Kain Dengan Pola Menjahit

  1. Mini

Sesuai dengan ukurannya yang mini, rok ini disebut sebagai rok mini. Masih banyak sista-sista yang menggunakan rok ini dimana ukurannya hingga pertengahan paha. Ada beberapa yang belum bisa membedakan rok mini dan micro. Untuk rok mini ini ukurannya masih jauh lebih besar dibandingkan dengan rok micro dimana panjangnya 5 sampai dengan 8 cm di atas lutut. Selain itu ada pula rok mini yang panjangnya tepat di atas lutut. Rok ini bisa dijadikan sebagai seragam kerja yang modis dan membuat penampilan sista semakin feminin.

  1. Knee

Rok KneeKnee merupakan sebutan untuk rok yang ukurannya sampai ke ke lutut. Rok ini banyak digunakan di Indonesia karena masih dalam batas wajar dan tidak terlalu seksi. Banyak yang menjadikan rok ini sebagai seragam kerja maupun untuk acara non formal. Untuk modelnya pun ada berbagai macam dari yang model span atau A-line, sehingga sista harus bisa memilih model yang tepat.

  1. Maxi

rok MaxiSalah satu dari macam-macam rok wanita yang ngehits dan banyak digunakan adalah maxi.  Jenis rok ini memiliki panjang sampai ke atas mata kaki dan juga cocok digunakan bagi sista yang seorang hijabers. Anak atau siswi sekolahan pun banyak yang menggunakan rok ini. Model rok maxi lurus ke bawah, namun seiring dengan berkembangnya trend fashion rok ini dilengkapi dengan model rempel, atau dengan model A-line panjang. Untuk bisa cocok menggunakan rok ini penting bagi sista untuk menyesuaikannya dengan bentuk tubuh. Bagi yang tinggi dan langsing, sista bisa menggunakan rok maxi dengan model apa saja, namun bagi yang OW atau over weight bisa menggunakan maxi lurus, bukan rempel, maupun A-line.

  1. Floor

rok FloorYa! Sesuai dengan namanya ‘floor’ salah satu dari macam-macam rok wanita yang panjangnya hingga menjuntai ke lantai. Biasanya jenis rok ini digunakan untuk acara pernikahan, namun untuk acara pesta pun rok ini juga cocok digunakan karena membuat ilusi kaki terlihat lebih tinggi. Untuk sista yang memiliki pinggul kecil dan kaki ramping akan sangat cocok sekali menggunakan rok jenis ini.

Baca juga : Padu Padan Celana Kulot Pas untuk Wanita Berjilbab

Rok Wanita Berdasarkan Modelnya

Selain panjang, rok wanita ini juga dibedakan berdasarkan modelnya. Ada berbagai macam model rok yang bisa sista pilih, namun tetap saja sista harus bisa menyesuaikannya dengan bentuk tubuh dan juga tahu bagaimana melakukan mix and match yang tepat. Simak rok wanita berdasarkan modelnya yang penting banget buat sista tahu:

  1. Accordion Skirt

Accordion SkirtAccordion skirt adalah rok yang dibuat dengan bahan lembut dan memiliki pola tertentu. Pola rok ini mirip dengan rempel namun yang berbeda adalah lipatan-lipatan rok ini lebih kecil berbeda dengan rempel yang lipatannya besar. Model rok ini pun cocok bagi sista yang memiliki tubuh langsing karena jika digunakan untuk sista yang bertubuh gemuk akan membuat bobot tubuh terlihat lebih berisi dan semakin lebar. Untuk terlihat fashionable, sista bisa memadukan accordion skirt ini dengan jaket kulit, kemeja panjang yang dimasukkan dan belts, rajut, atau dengan menggunakan baju lengan panjang cropped off shoulder.

  1. A-Line Skirt

A-Line SkirtMerupakan jenis rok yang ke bawah semakin melebar, sehingga menyerupai huruf A. Jenis rok ini terkadang menggunakan hiasan berupa kancing-kancing besar.  Rok ini identik dengan zaman dahulu sekitar era 60 an sampai dengan 80 an, namun saat ini penggunaan A-Line skirt ini semakin marak semenjak fashion retro atau vintage kembali diminati. Sista bisa menggunakan rok ini untuk bekerja, maupun bagi yang ingin hangout bersama dengan teman-teman pun bisa menggunakannya. Jangan lupa agar penampilan semakin chic dan elegan sista bisa mengombinasikannya dengan kemeja atau sweater rajut yang dimasukkan ke dalam rok. Tidak hanya itu saja untuk mempermanis penampilan, jangan lupa gunakan jam tangan dan belt kulit ya, sist.

  1. Ballerina Skirt

Ballerina SkirtBallerina skirt mirip dengan rok ballet sehingga disebut dengan ballerina skirt. Sista yang ingin menghadiri pesta pun bisa menggunakan rok ini. Jika dilihat lebih jauh, sekilas rok ini mirip dengan tutu namun yang membedakan adalah modelnya. Rok ballerina akan lebih mengembang sehingga akan membuat tubuh terlihat semakin bervolume. Untuk sukses dalam menggunakan rok ini penting bagi sista untuk memilih atasan yang tepat seperti kemeja maupun t-shirt lengan 3/4 yang dimasukkan ke dalam tubuh sehingga atasan tersebut akan terlihat kontras dengan bawahan dimana membuat penampilan terlihat unik dan berkelas.

  1. Rok Tutu

Rok TutuSelain ballerina skirt masih ada rok tutu. Bahan pembuatan rok ini pun sama dengan balerina skirt namun yang berbeda adalah modelnya. Rok tutu ini memiliki model lurus dan juga A-line. Bagi sista yang hijabers pun akan sangat cocok menggunakan rok ini dimana bisa membuat penampilan terlihat lebih modis dan juga stylish. Pilihlah rok tutu yang tidak terlalu banyak hiasan agar penampilan terlihat simpel namun tetap elegan.

Mencontoh Fashion Rok Selebriti yang Hits

Tidak hanya masyarakat biasa saja yang menggunakan rok ini, namun selebriti Indonesia maupun dunia pun banyak yang menggunakannya. Bahkan penampilan selebriti tersebut sering dijadikan sebagai contoh fashion yang menarik. Contohnya adalah Ranty Maria yang memadukan rok mini berbahan jeans dengan t-shirt warna cerah yang dimasukkan ke dalam tubuh. Tidak lupa ia menggunakan sepatu sneakers dari bahan jeans sehingga membuat penampilan Ranty semakin fashionable.

Seleb dunia seperti Park Shin Ye pun sering terlibat menggunakan rok. Salah satu fashion dari Park Shin Ye dengan rok yang bisa dicontoh adalah rok pensil dengan atau rok midi panjang di atas mata kaki yang dipadukan dengan kemeja oversized. Tidak lupa Shin Ye menggunakan heels untuk membuat penampilannya semakin memukau.

Nah, itulah beberapa macam-macam rok wanita paling ngehits yang sista wajib tahu, penting bagi sista untuk menyesuaikannya dengan bentuk tubuh sista agar penampilan sista menjadi lebih stylish dan tidak terlihat aneh, semoga informasi ini bermanfaat ya sist.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.