Macam Macam Mesin Jahit Dalam Industri Konveksi

mesin jahit digital
Macam Macam Mesin Jahit
Macam Macam Mesin Jahit

Mesin jahit adalah alat yang digunakan untuk merajut bahan menjadi sebuah pakaian layak digunakan. Adapun itu beberapa macam mesin jahit diciptakan dari tahun ketahun mengikuti perkembangan teknologi zaman. Baju yang sering kita pakai sekarang ini adalah hasil karya yang dihasilkan oleh mesin jahit. Macam macam mesin jahit saat ini sudah digunakan untuk membangun bisnis dari rumahan sampai menjadi sebuah parbrik besar.

Di indonesia sendiri sudah banyak masyarakat menggunakan mesin jahit untuk membentuk sebuah bisnis karena tahun ke tahun model dan jenis baju selalu berubah-ubah. Jika anda ingin mencoba untuk membuat baju terlebih dahulu harus mengetahui macam-macam mesin jahit. Atau anda ingin membuka sebuah industri produksi baju seperti konveksihasan.com maka kita harus faham soal mesin jahit. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa macam macam mesin jahit sebagai berikut :
1. Mesin Jahit Tradisional

mesin jahit tradisional
image by assets.catawiki.nl

Pada dahulu kala mesin jahit tradisional hanya untuk menjahit model jahitan rantai seperti pada lekukan bawah celana panjang atau ujung tangan kaos. Karena model jahitan ini sangat rawan dan mudah lepas menjadikan kualitas pakaian berkurang. Akan tetapi kebanyakan para penjahit mengakali dengan memasang dua benang dalam satu lubang jarum. Dengan kata lain jahitan semula sangat lemah / mudah lepas benangnya berubah menjadi kuat. Mesin penggeraknya menggunakan alas injak kaki yang diayun naik turun agar jarum bergerak membentuk pola jahitan.
2. Mesin Jahit Listrik

mesin jahit listrik
image by www.singerco.com

Ada beberapa mesin jahit tradisional yang memodifikasinya dengan cara merubah roda pada mesin manual (injakan kaki) ke alat penggerak listrik. Tombol yang biasa digunakan hampir sama seperti di injak akan tetapi perbedaaan nya mesin jahit listrik tidak diayun. Mesin jahit listrik sangat produktivitas ketimbang tradisional karena tidak menguras tenaga dan kecepatan waktu.

3. Mesin Jahit Digital

mesin jahit digital
image by www.gallsewingvac.com

Mesin jahit modern yang menggunakan teknologi komputer untuk mengoperasikanya. Yang membedakannya adalah alat jahit ini dapat dioperasikan 1 orang dalam 1 waktu berjalan secara otomatis tinggal menekan tombol yang berada di layar mesin jahit tersebut. Hanya saja mesin jahit ini jarang digunakan untuk industri pakaian rumahan karena harganya cukup mahal dan pengalaman pengoperasian belum semua terintegrasi keseluruh masyarakat indonesia.

Jadi sekarang anda sudah faham membedakan mesin jahit untuk memenuhi kebutuhan industri pakaian rumahan ataupun secara retail. Industri ini sangat populer dikalangan masyarakat indonesia dan tidak akan mati jika anda bisa mengikuti trends model pakaian dari tahun ke tahun.

Baca juga : Jenis-Jenis Bahan Kain Dengan Pola Menjahit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *