22 Jenis Kain Katun di Pasaran yang Paling Banyak Dicari

Tahu nggak sih bagi sebagian besar orang yang bertempat tinggal di daerah beriklim tropis tentu pemilihan bahannya Adem dan menyerap keringat menjadi salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli pakaian.

Salah satu bahan pakaian yang memiliki karakteristik tersebut yaitu jenis katun mungkin kebanyakan sudah mengenal Apa itu katun, akan tetapi apakah kalian sudah mengetahui

Jenis Kain Katun di Pasaran yang Paling Banyak Dicari

Jika belum artikel ini sangat cocok untuk dijadikan referensi dalam memilih jenis katun yang berkualitas. Katun memiliki banyak sekali jenis dan nama-nama yang berbeda dengan kualitas yang berbeda-beda juga.

Akan tetapi terdapat beberapa jenis katun yang bisa kita temui dengan mudah di pasaran. Berikut beberapa jenis kartun yang paling banyak dicari di pasaran.

1. Kain katun biasa

Jenis katun biasa memiliki kualitas bahan yang standar dan juga harganya cenderung lebih murah. Jika kita bandingkan dengan jenis katun lainnya, ciri-ciri jenis katun biasa memiliki banyak motif seperti polosan garis bunga abstrak kotak ataupun polkadot pada gulungan ataupun dipinggir kainnya. Tidak ada kode warna yang memiliki daya serap keringat yang cukup baik.

2. Kain katun rayon

Menurut beberapa informasi yang kami dapatkan jenis katun rayon banyak digunakan sebagai bahan dasar busana muslim kelemahan dari jenis ini yaitu mudah kusut meski demikian bahannya tergolong adem, teksturnya licin dan ringan serta kualitas daya serap keringat yang cukup baik.

3. Kain katun Cina 

Jenis katun ini terkenal dengan nama katun twill kualitas dari katun ini setara dengan jenis katun jepang. katun Cina sendiri memiliki karakteristik bahan yang lebih tipis dan warna kainnya tidak mencolok terkadang kualitas dari bahannya kurang begitu bagus.

4. Kain katun silk Sutra

Jenis katun shawl Sutra merupakan hasil dari kombinasi antara campuran Sutra dengan katun bahan kain ini memiliki ciri khas tekstur dari sutra yaitu licin bahannya Adem dan juga ketika diraba akan terasa lembut dan halus meskipun tergolong jenis kain yang ringan akan tetapi sel Sutra memiliki kualitas kain yang kuat dan awet.

5. Katun Paris 

Jenis katun Paris sering diidentikkan dengan katun biasa Hal ini karena kedua bahan ini sepintas terlihat mirip meski demikian kualitas dari katun Paris berada khasnya jenis katun biasa.

Jenis katun Paris memiliki karakteristik material yang lebih ringan dan tipis dibandingkan dengan katun biasa. Biasanya jenis katun yang satu ini digunakan sebagai bahan untuk membuat gamis syar’i Blues hijab kerudung maupun jilbab. 

6. Kain katun bangkok 

nama katun bangkok diambil dari nama kota tempat kain ini diproduksi yaitu di kota Bangkok motif yang dilukiskan pada permukaan kainnya sudah pasti berbau-bau Thailand.

katun bangkok memiliki tekstur permukaan yang agak kasar dan juga bahannya lebih tipis dibanding katun pada umumnya bahkan beberapa dari kainnya bersifat transparan. Biasanya jenis katun ini digunakan sebagai bahan untuk membuat blus ataupun kemeja.

7. Kain katun satin Jepang 

Seperti halnya dengan jenis katun bangkok nama katun satin Jepang diambil dari nama negara tempat memproduksi material katun teristik. Katun satin Jepang sendiri memiliki tekstur yang lembut, warna yang cenderung kuat dan terasa adem saat dikenakan.

8. Kain katun minyak

Katun minyak diambil dari sifat Bahannya yang mengkilap mirip seperti minyak di Indonesia masih jarang orang yang mengetahui jenis katun minyak ini. Karakteristik yang dimiliki oleh katun minyak mirip dengan jenis katun silk Sutra Bedanya cuma jenis katun ini lebih mengkilap kadar kilap dari serat bahan akan perlahan berkurang setelah beberapa kali proses pencucian. Jenis katun ini memiliki keunggulan daya serap keringat yang cukup baik loh.

9. Kain katun kombed

Nama katun combed atau combed diambil dari Bagaimana cara material ini dibuat yaitu combing. Jenis katun ini memiliki karakteristik bahan yang lembut halus dan tentunya menyerap keringat.

Terdapat tiga jenis tingkat ketebalan pada katun combed : 

  • Combed 24s
  • Combed 20s 
  • Combed 40s 

10. Kain katun karded

Seperti halnya katun combed nama katun carded juga diambil dari Bagaimana cara kayaknya dibuat yaitu carding. katun karded memiliki karakteristik bahan yang tidak sehalus dan selembut katun combed, meski demikian jenis katun ini memiliki daya serap keringat yang mirip dengan cotton combed.

Pada pembuatan katun combed prosesnya menggunakan cara combing atau sisir kemudian serat-serat panjang yang dihasilkan dari proses tersebut dipilih untuk membuat benang sedangkan pada pembuatan katun carded menggunakan proses garuk sehingga menghasilkan serat serat pendek yang masih menyatu. Hal inilah yang menyebabkan benang kainnya yang dihasilkan tidak sehalus katun combed 

11. Kain katun satin 

Pada jenis katun satin dari segi bahan mirip dengan jenis katun biasa yang membedakannya adalah proses penenunan. Katun satin dilakukan dengan cara teknik satin.

Katun satin memiliki tampilan permukaan yang cukup mengkilap dan berkilau. Info tambahan satin sendiri merupakan nama teknik tenun untuk menghasilkan bahan kain yang mengkilap jadi kain satin bisa juga terbuat dari serat lainnya seperti Sutra Nylon poliester dan lain-lain.

12. Kain katun Denim

Katun Denim biasanya digunakan oleh para produsen untuk membuat pakaian Denim mulai dari celana hingga jacket. Mungkin kalian sudah sering dengar nama celana jeans dan Levis, jadi celana jeans ataupun Levi’s yang sering ditemui di pasaran itu sebenarnya merupakan celana denim sedangkan jeans dan Levis adalah nama brand atau merek dagangnya. Kedua jenis celana ini menggunakan katun sebagai bahan dasarnya.

13. Kain katun flanel

Kain flanel memiliki ciri khas dengan motif kotak-kotak dan sedikit berbulu. Kain flanel kotak-kotak ini biasanya disebut dengan flannel yards wide, Jenis katun ini dibuat dengan teknik tenun playweb yang kemudian dilanjutkan dengan proses pengikatan di salah satu Sisinya dengan menggunakan mesin untuk menghasilkan tekstur permukaan yang lembut.

14. Kain katun strecht 

Katun stretch adalah hasil kombinasi 2 jenis serat yaitu antara serat kapas dan serat spandeks atau lycra selain bisa melar. Katun stretch juga dapat menyerap keringat beberapa orang menyebut bahwa katun stretch dan katun spandex memiliki bahan dasar yang sama biasanya jenis katun stretch digunakan sebagai material dasar legging kaos celana pakaian dalamdan juga gamis panjang.

15. Kain Katun Supernova 

Jenis katun Supernova memiliki karakteristik bahan yang dingin lembut halus serta tergolong bahan yang ringan. Apabila kalian mengamati tekstur jenis katun Supernova dengan seksama maka akan terlihat jelas serat-serat benang halus yang terburai tipis pada permukaan kainnya, Tidak perlu khawatir karena ini adalah ciri khas yang terdapat pada pakaian berbahan katun pada umumnya.  Biasanya jenis katun Supernova digunakan sebagai bahan dasar baju koko baju formal gamis dan jilbab.

16. Katun Ima polos dan Imas slave  

Jenis katun Ima polos dan Ima slave sepintas terlihat mirip satu sama lainnya akan tetapi kedua jenis katun ini sedikit berbeda di bagian teksturnya katun ima polos memiliki tekstur permukaan yang mulus serta motif yang polos sedangkan jenis katun Ima slave memiliki tekstur benang yang bersilang silang pada permukaannya.

Jenis katun Ima merupakan produk import dari Jepang apabila dilihat dari tingkat ketebalan kainnya bisa dikatakan sebanding dengan katun Supernova Meskipun demikian kualitas dan ketahanan bahannya berada diatas katun Supernova karena katun ima memiliki serat benang yang kualitasnya lebih baik dan lebih rapi dibandingkan dengan katun Supernova.

kalian tidak akan menemui serabut-serabut halus pada kain ini seperti yang banyak ditemukan pada jenis Supernova jenis katun ini tergolong material yang ringan dan sedikit tipis akan tetapi tidak bersifat menerawang biasanya katun ima digunakan sebagai material untuk produk seragam gamis syar’i jilbab maupun baju koko. 

Katun Ima Royal platinum jenis katun ini memiliki tekstur kotak-kotak kecil yang terlihat jelas pada permukaan kainnya karakteristik lain dari Ma Royal platinum yaitu kainnya ringan tidak terlalu jatuh dan tidak menerawang.

17. Katun toyobo original import 

Jika dibandingkan dengan kartun lainnya katun toyobo original import menjadi bahan yang paling kami rekomendasikan jenis katun ini memiliki karakteristik bahan yang ringan tidak kaku, halus, dingin dan kayaknya sedikit licin.

Biasanya katun toyobo digunakan sebagai material untuk membuat seragam kantor jilbab gamis syar’i baju koko dan sejenisnya kualitasnya pun tergolong premium dan eksklusif apabila Kita membandingkannya dengan jenis Supernova serabut serat halus pada katun toyobo tidak terlalu terlihat jelas.

18. Katun toyobo fodu import premium

Katun toyobo fodu adalah salah satu jenis katun yang memiliki grade di atas katun toyobo original dan memiliki serat benang yang rapat dan sedikit lebih tebal. Kedua jenis katun ini merupakan produk impor jenis toyobo fodu memiliki permukaan Venus sedikit mengkilap

sehingga menghasilkan kesan yang berkelas jenis katun ini memiliki banyak sekali produk KW nya bahkan namanya pun dibuat hampir mirip dengan aslinya, Contohnya seperti toyobo foya, Bow toys yeobo Toya Boh dan lainnya. Sehingga sebagian orang salah dalam membeli katun toyobo fodu yang asli.

19. Katun jepang polos Tokai Senko

Meskipun katun ini dinamakan katun jepang bukan berarti produk ini diimpor langsung dari Jepang. Akan tetapi katun Tokai Senko ini berasal dari pabrik lokal yang telah mengantongi lisensi dari Jepang. nama perusahaan yang memproduksi katun jepang polos stokes engko yaitu PT Tokai texprint Indonesia sebenarnya perusahaan ini terkenal sebagai produsen penghasil kain bermotif akan tetapi Tokai Senko juga diproduksi dalam bentuk kartun Jepang yang polos kualitasnya pun bisa dibilang mirip pada produk Tiongkok

kalian tidak akan menemui label perusahaan sebagaimana yang ditemui pada katun jepang motif kelebihan dari jenis katun toke sendiri yaitu bahannya cukup tebal halus warnanya awet dan juga serat benang tidak mudah terurai meski dilakukan pencucian.

20. Katun Madinah

Kartun Madinah memiliki karakteristik bahan yang ringan jatuh sangat lembut dingin dan tidak menerawang. Jenis kartu ini sangat cocok untuk dijadikan gamis syar’i dan jilbab. apabila kalian mengamati serat kainnya dengan seksama maka akan terlihat serabut halus yang mirip dengan katun Supernova akan tetapi kualitasnya berada diatas katun Supernova karena dari segi harganya pun lebih mahal

21. Katun linen Euro

Jenis katun terakhir yang kami rekomendasikan yaitu kain katun linen Euro jenis katun ini memiliki serat benang yang paling longgar dan juga besar Selain itu katun ini juga memiliki karakter yang agak kaku meski demikian bahan ini sangat cocok untuk digunakan untuk bahan dasar baju casual karena sifat kayaknya lembut dan dingin saat menyentuh kulit.

Nah itu dia rangkuman tentang informasi 21 jenis kain katun di pasaran yang banyak dicari jadi produk mana yang akan menjadi peluang bisnis kamu.

 



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WhatsApp Kami